Trio 'Gadget' NASA Dinobatkan Sebagai yang Terbaik

11/12/2011 14:43

 

Badan Antariksa dan Administrasi Luar Angkasa Amerika Serikat (NASA) wajib berbangga hati pada kerja keras selama ini. Sebab baru-baru ini tiga peralatan ciptaan NASA,  Mars Science Laboratory (MSL), Dawn, dan MESSENGER, dianugerahi gelar 'Terbaik dari yang Terbaru'  di tahun 2011 dalam kategori inovasi penerbangan dan luar angkasa oleh majalah Popular Science.


Masuknya MSL sebagai salah satu pemenang cukup mengejutkan. Mengingat dia baru diluncurkan ke Planet Mars pada 26 November 2011 lalu. Tugas utamanya: mencari tanda kehidupan di lokasi yang berjuluk Planet merah tersebut. 

Sedangkan Dawn diterjunkan ke orbit Asteroid Vesta sejak Juli 2011. Dawn inilah misi pertama yang secara spesifik menyelidiki cincin asteroid antara Planet Mars dan Jupiter dan akan mengorbit di antara Asteroid Vesta dan Ceres. Vesta sendiri merupakan asteroid kedua terbesar yang pernah ditemukan.

Di antara ketiganya, MESSENGER jadi 'gadget' terlama di luar angkasa. Dia sudah mencapai orbit Planet Merkuri sejak Maret 2011 lalu. "Tentu saja kami bangga dengan pemilihan tersebut. Tapi di saat bersamaan kami juga tidak akan merendah hati soal (kemenangan) ini. Dawn adalah misi yang sangat luar biasa," kata Ketua Investigasi Dawn dari UCLA, Prof. Chris Russell, Kamis, 1 Desember 2011.

"Dengan emisi rendah dan menggunakan teknologi teranyar dari NASA untuk kemajuan besar teknologi adalah misi yang amat sangat luar biasa."

Sumber: Universe Today