Transportasi Alternatif: Cable Car

11/12/2011 14:49

 

Akhir tahun 2012, cable car akan menjadi alat transportasi alternatif di Kota Bandung, Jawa Barat. Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung akan membangun cable car sebagai alat transportasi alternatif dan daya tarik bagi para wisatawan yang akan datang ke Bandung.


Pembangunan cable car diperkirakan akan menambah daya tarik Kota Bandung di mata wisatawan yang akan melancong, baik wisatawan domestik maupun asing. Wakil Walikota Bandung, Ayi Vivananda, mengatakan bahwa pemerintah akan membantu secara perizinan dan diperkirakan cable car ini akan mengurai kemacetan, walaupun tidak dalam jumlah yang besar.

"Prinsipnya, yang bisa dilakukan oleh pemerintahan Bandung adalah memfasilitasi perizinan sesuai dengan kompetensi yang kita miliki. Jika terkait dengan pembangunan, itu kembali lagi terkait dengan investasi dan konsistensi dari pengembang. Jika ini terealisasi, Bandung merupakan kota pertama di Indonesia yang memiliki cable car sebagai sarana transportasi," jelas Ayi saat ditemui beberapa waktu lalu.

Cable car yang akan berfungsi pada akhir tahun 2012 ini akan memiliki beberapa titik terminal atau pemberhentian, diantaranya Pasteur, Paris Van Java, dan Sasana Budaya Ganesha. Seorang wisatawan dari Jakarta, Nabilla Rosul berpendapat,"lebih baik terminal cable car disebar ke beberapa daerah yang padat. Jadi, sedikit mengurangi kemacetan."

"Pembangunan cable car akan memberi dampak positif bagi tempat-tempat wisata yang ada di Bandung," Jelas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Priana Wirasaputra. Proyek ini merupakan kerjasama dari beberapa pihak, yaitu PT Aditya Dharmaputra Persada, Dinas Perhubungan Kota Bandung, serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung.
Sumber : Vivanews