"Tiga Dara" Tampil di Langit

22/01/2012 15:31

Ada pemandangan menakjubkan yang bisa dinanti di langit pada hari senin (16/1/2012) lalu. "Tiga dara", Bulan, Saturnus dan bintang Spica tampil dalam format segitiga. Sementara itu, Mars yang kemerahan mengintip di atasnya.

Pemandangan ini bisa disaksikan dengan mengarahkan pandangan ke arah timur dan sedikit ke selatan. Trio Bulan, Saturnus, dan Spica  tampil di panggung langit mulai sekitar pukul 01.00 WIB.

Bulan akan tampak terang dalam bentuk hampir setengah lingkaran. Sementara itu, Saturnus akan tampil di sebelah kiri Bulan dengan magnitud 0,95, jadi cukup cemerlang untuk disaksikan.

Spica akan tampak di atas Bulan dan Saturnus dengan magnitud 1,24. Spica adalah bintang paling terang pada rasi Virgo dan merupakan bintang paling terang ke-15 yang tampak pada malam hari. Jarak Spica dengan Bumi adalah sekitar 260 tahun cahaya.

Pengamatan bisa dilakukan dengan mata telanjang. Namun, ada baiknya menggunakan teleskop agar bisa lebih jelas. Pilihlah tempat yang cukup gelap dan lapang sehingga mempermudah pengamatan. 

Saat diamati, Bulan tentu saja akan berwarna putih seperti biasanya. Saturnus akan tampak sebagai titik cahaya di sebelah Bulan. Sementara itu, Spica yang sering disebut juga Raksasa Biru akan tampak kebiruan. 

Kehadiran Mars yang jauh lebih di atas juga akan meramaikan pertunjukan di langit malam ini. Mars tampak kemerahan dengan magnitud - 0,16. 

Saturnus yang pada saat itu sedang berada pada jarak 1,45 miliar kilometer dari Bumi, sedangkan Bulan pada jarak 367.000 km. 

Dalam pertunjukan ini, semakin lama, Bulan akan makin menjauh dari Spica dari sudut pandang manusia di Bumi. Segitiga yang terbentuk akibat kedekatan tiga benda langit itu pun akan semakin lebar.

Bulan, Saturnus, Spica, dan Mars yang tampil senin (16/1/2012) lalu itu bisa disaksikan hingga menjelang fajar. Jadi, bagi yang tak bisa terjaga hingga tengah malam pun, tak perlu khawatir karena melewatkannya.