Tukang Sampah akan Dibekali iPad

05/09/2011 20:22

 


Para tukang sampah ini akan dibekali komputer tablet Apple iPad. Tujuannya agar mereka lebih efisien dalam mengumpulkan sampah dari warga di seluruh penjuru kota.

Ya, dewan kota Bury Council di Greater Manchester, Inggris menganggarkan dana sekitar 9000 Poundsterling untuk membeli iPad. iPad ini akan disertakan di 22 dashboard mobil pengangkut sampah.

Dengan iPad, diharapkan tukang sampah dapat melakukan input data secara efisien dan melayani masyarakat dengan lebih baik. Misalnya data rumah tangga yang tidak mendaur ulang sampah atau mana saja yang butuh bantuan dalam menangani sampah.

Inisiatif ini mendapat kritik karena dianggap sebagai pemborosan dana. Terlebih pekerjaan semacam itu bisa dikerjakan dengan pena dan kertas. Namun menurut dewan kota, iPad akan membuat tugas tukang sampah lebih mudah dalam mengumpulkan sampah.

"Skema ini menggantikan kertas yang bisa hilang atau basah. Mengumpulkan sampah adalah operasi yang kotor. Dengan iPad, tidak akan ada (sampah-red) yang tertinggal," kata Glen Stuart, kepala manajemen sampah setempat.

iPad bagi tukang sampah tersebut akan dibekali dengan informasi mengenai sampah di setiap rumah tangga. Berbagai informasi juga bisa diinput dengan mudah, misalnya tong sampah mana yang rusak atau kelebihan beban.

Dewan kota pun berharap keberadaan iPad akan menurunkan persentase sampah yang lupa dikumpulkan. Demikian seperti dilansir Mirror dan dikutip detikINET, Selasa (30/8/2011).

Sumber : Detikinet