Membuat Animasi Teks Dengan Cepat

29/07/2011 08:48

Kali ini kita akan mencoba membuat sebuah animasi teks dengan cepat. Teks yang nanti kita buat akan menjadi sebuah animasi yang bisa bergerak dari kiri ke kanan atau bergerak seperti gelombang dan efek lainnya. Nah, untuk membuat animasi teks tersebut diperlukan sebuah software (perangkat lunak) yang sudah terpasang (di install) di komputer. Salah satu software yang mudah penggunaannya saat ini adalah “Swish”.

Tampilan awal ‘Swish’ :

Swish sangat bagus untuk membuat animasi-animasi teks dari yang sederhana sampai animasi teks yang cukup sulit. Pada software ini juga telah disediakan efek-efek animasi teks sehingga kita tidak perlu repot-repot membuat efek-efek tulisan dengan script/program lainnya.

Lembar kerja Swish :

Bagi rekan-rekan yang belum mempunyai software tersebut bisa memperolehnya melalui internet di website http://www.swishzone.com dan coba download software tersebut. Tetapi, biasanya software yang bisa di download hanya versi shareware, artinya software ini hanya dapat dijalankan dengan batasan waktu yang telah ditentukan oleh pembuat software. Biasanya antara 15 – 30 hari.

Nah, sekarang coba kita buat bersama animasi teks sederhana, caranya seperti di bawah ini :

Tentukan besar “Movie” pada scene 1 dengan besar Width = 200, Height = 100

Klik tombol “Insert Text” atau bisa juga melalui menu Insert kemudian klik text
Pilih jenis teks dan besar teks. (Default jenis teksnya adalah Arial dan besarnya 36 pixel)
Klik tombol Color jika kita ingin merubah warna teks.
Klik teks yang berada di scene 1, kemudian klik kanan mouse. Atau bisa juga dengan mengklik menu insert kemudian pilih Effects
Pilih Effect maka akan muncul berbagai efek teks yang dapat kita gunakan.

Pilih efek “3D Spin”
Jalankan animasi dengan mengklik tombol Play
Sudah jadi bukan?
Jika ingin menyimpan animasi teks yang baru kita buat, pilih menu File kemudian klik Save / Save As. Default file yang di simpan adalah Swish Movie (swi)
Jika ingin menyimpan dalam bentuk swf (flash), pilih File kemudian klik Export dan klik ‘Swf’
Untuk merubah efek teks / menambahkannya cukup dengan mengklik mouse kanan dan merubah default yang ada pada tampilan efek teks.

Jika contoh di atas sudah bisa dibuat, kamu bisa mencoba membuat efek tulisan lain dan juga bisa membuat animasi yang lebih rumit dengan menggunakan ‘script’ tambahan yang sudah diesdiakan.
Selamat mencoba !

 

Sumber : devoav1997.blog.com