Lokasi Pendaratan di Mars Sudah Ditentukan

29/07/2011 08:23

Pendaratan di Mars akan dilakukan di sebuah kawah yang disebut "Gale". Lokasi itu dinilai NASA memiliki peluang besar untuk memberikan informasi mengenai kemungkinan Mars untuk ditinggali.

Alat penjelajah NASA direncanakan akan tiba di Gale pada tahun 2012. Kendaraan seukuran mobil bernama Curiosity tersebut akan menjadi eksperimen astrobiologi pertama di Mars sejak misi Viking pada tahun 1976.
 
Curiosity akan mendarat di dekat gunung setinggi 5 kilometer yang kaya dengan simpanan sedimen berusia ratusan juta tahun. Lapisan bebatuan itu bisa menjadi dipakai untuk mengetahui sejarah perairan di Mars. "150 tahun yang lalu, saat peneliti menjelajah Sungai Colorado dan menemukan Grand Canyon, mereka melihat lapisan batu serupa," jelas Grotzinger yang menyebutkan lapisan bebatuan di Gale itu seperti novel sejarah geologi Mars.
 
Anggota tim peneliti Dawn Sumner menyebutkan bahwa daerah yang paling menarik secara ilmiah di kawah Gale adalah bagian dasar gunung. "Ada beberapa tanda mineral tanah liat dan garam. Keduanya adalah kunci informasi mengenai lingkungan di Mars serta air di lingkungan itu," kata ahli geologi dari University of California, Davis tersebut. Kedua mineral tersebut hanya dapat terbentuk dengan adanya air.
 
Sebelum terpilih, kawah Gale merupakan salah satu dari empat kandidat lokasi pendaratan. Empat kandidat tersebut didapat setelah menyeleksi 60 lokasi. Keempat kandidat harus melewati beberapa kali uji kelayakan. "Di antaranya uji keamanan untuk pendaratan serta uji kecocokan dengan tujuan ilmiah misi," kata John Grotzinger kepada National Geographic saat jumpa pers di Washington, D.C., Jumat (22/7). Grotzinger mengatakan tim tidak berhasil menyingkirkan salah satu kandidat sehingga mereka memilih salah satu yang dirasa paling baik.
 
 
Sumber: National Geographic News, Devo Avidianto.P Web