LIPI Nomor Satu di Indonesia

22/11/2011 20:47

 

Berdasarkan rangking yang dibuat oleh Rangking Web of World Research Center, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menempati rangking ke-174 dari 4.000 lembaga penelitian se-dunia. Khusus di wilayah Indonesia, LIPI memiliki ranking terbaik dibandingkan institusi penelitian lainnya.

 
"Kami dicatat sebagai lembaga penelitian terbaik di Indonesia."
 
"Kami dicatat sebagai lembaga penelitian terbaik di Indonesia," ujar Ketua LIPI Lukman Hakim, Senin (7/11/2011), di Kantor Wakil Presiden. Hal ini disampaikan Lukman seusai mengikuti pembukaan LIPI Expo 2011.

Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian menempati rangking ke-446 dari 4.000 lembaga penelitian yang dinilai se-dunia atau terbaik kedua di Tanah Air, setelah LIPI.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi berada di urutan ke-1.295, sedangkan Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Keluatan dan Perikanan menempati posisi ke-1.702.

Rangking Web of World Research Center dibuat oleh Cybermetrics Lab, sebuah grup penelitian yang dimiliki Consejo Superior de Investigaciones Cientí ficas (CSIC), badan penelitian terbesar di Spanyol. CSIC juga merupakan salah satu organisasi penelitian dasar pertama di Eropa.

Penyusunan ranking dilakukan berdasarkan penampilan situs lembaga penelitian. Aspek-aspek yang dinilai antara lain ketersediaan informasi bagi peneliti lain, kemudahan informasi, dan sebagainya.

Sumber : Kompas