Jumlah Harimau di India Bertambah

29/03/2011 15:38

 

Sensus harimau di India menunjukkan peningkatan jumlah spesies yang terancam punah tersebut. Akan tetapi, ancaman terhadap habitat mereka bisa mengubah kondisi ini di masa depan.
 
Pada sensus kali ini, sebanyak 1.706 ekor harimau tercatat pada hutan-hutan di seluruh India. Jumlah ini lebih banyak 300 ekor dibandingkan 4 tahun yang lalu. Demikian diungkapkan oleh juru bicara pemerintahan pada Senin (28/3). 
 
Menteri Lingkungan India Jairam Ramesh menyatakan bahwa hasil sensus ini merupakan kabar baik. Tapi ia memperingatkan untuk tidak terlalu puas akan usaha yang sudah dilakukan untuk menyelamatkan harimau dari kepunahan. "Peningkatan jumlah adalah hasil usaha keras, tapi menurunnya ruang bagi harimau perlu diperhatikan," kata Ramesh.
 
Menurut ahli satwa yang mengadakan sensus, ruang gerak harimau berkurang drastis akibat proyek penambangan dan pembangunan jalan yang memotong jalur mereka. "Mengamankan jalur harus jadi prioritas," kata Rajesh Gopal, Direktur National Tiger Conservation Authority. Ramesh menjelaskan bahwa pemerintah harus cerdas dalam mengambil keputusan mengingat India juga punya agenda untuk memajukan perekonomian.
 
Sensus harimau kali ini melibatkan kamera tersembunyi dan  uji DNA di 17 lokasi tempat harimau hidup di alam liar. "Penghitungan ini lebih ilmiah dan lebih akurat," jelas Goppal.
 
Tahun 2007, sensus pernah dilakukan dan mencatat 1.411 harimau. Jumlah tersebut merupakan penurunan drastis dari 3.600 ekor pada 5 tahun sebelumnya. Seabad lalu, ada sekitar 100.000 harimau di seluruh hutan di India. Harimau India diburu karena konflik dengan manusia. Harimau juga diambil bagian tubuhnya untuk dijual, baik sebagai aksesori maupun sebagai obat.
 

Sumber: AP