Gula untuk Bahan Bakar Pesawat

28/07/2011 16:40

Penggunaan tebu untuk bahan bakar jet sedang diteliti oleh dua perusahaan pembuat pesawat. Apabila dapat diterapkan, penggunaan bahan bakar ini diharapkan bisa memangkas emisi dalam jumlah yang besar.
 
 
 

"Tahap pertama penelitian adalah mengevaluasi kondisi lingkungan dan pasar terkait penggunaan bahan bakar jet yang dapat diperbaharui," demikian pernyataan yang mewakili Boeing dari Amerika Serikat dan Embraer dari Brasil, dua perusahaan yang melakukan penelitian.

Arnaldo Vieira de Carvalho, ketua Inter-American Development Bank (IDB) Sustainable Aviation Biofuels Initiative, yang turut mendanai penelitian, mengatakan "Penelitian ini akan menguji kemungkinan produksi bahan bakar jet alternatif dari tebu secara berkelanjutan dan dalam skala besar." Carvalho mencontohkan kesuksesan Brasil dalam menggunakan tebu untuk menghasilkan etanol sebagai pengganti minyak tanah.

Penelitian yang dipimpin oleh organisasi riset Brasil, ICONE, ini merupakan proyek penelitian pertama yang didanai IDB dalam mendukung industri bahan bakar jet nabati. Kelompok lingkungan hidup World Wildlife Fund (WWF) juga ikut berperan sebagai peninjau independen sekaligus penasihat.

Sumber : National Geographic Indonesia, Devo Avidianto P